Erabaru.net. Ketika mendengarkan lantunan suara yang merdu di radio atau Internet, apakah kamu merasa segenap jiwa ragamu itu seakan hanyut dalam lagu tersebut dan serasa benar-benar terlepas dari beban  yang menghimpit?. Dan apakah kamu merasa terpesona oleh musik dan bahkan jatuh cinta pada suara merdu itu?

Tapi tahukah Anda bahwa sebagian besar suara nyanyian itu telah diolah secara apik? Lagi pula, sekarang banyak perangkat lunak auto-tuning musik di komputer.

Selama orang tersebut memiliki pengetahuan dasar tentang musik dan komputer, mereka dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang ajaib, mengubah suara serak seseorang seperti kapal pecah itu menjadi suara alam yang syahdu – menjadi suara yang merdu!

Tidak percaya? Anda bisa saksikan dalam video ini untuk membuktikan perbedaan antara tuning otomatis dan (suara) nyanyian aktual:

So, gimana….sangat jauh berbeda, bukan?

Sebenarnya, tidak ada salahnya juga dengan hal itu. Lagi pula, selama kamu merasa lagu itu enak di telinga, mengapa juga harus peduli apakah suara nyanyian itu telah diolah secara auto-tune atau bukan?

Bahkan sebagian besar perusahaan rekaman menggunakan perangkat lunak auto tune untuk membuat CD penyanyi mereka laris manis di pasaran.

Karena ada perangkat lunak yang dapat membuat suara menjadi lebih merdu dan enak didengar, dipastikan banyak orang yang akan menggunakannya, baik untuk komersial atau pun sekedar hiburan?  (rpg)

 

Share
Tags: Categories: Story

Featured Video