Erabaru.net. Memandikan bayi yang baru lahir bukanlah hal yang mudah. Biasanya hal itu dilakukan oleh orangtua yang lebih berpengalaman dalam hal ini dan akan dipelajari oleh ibu, terutama mereka yang baru pertama kali melahirkan.

Dalam video ini, seorang perawat telah menunjukkan metode terbaik untuk memandikan bayi. Melihat betapa lembut dan mahirnya tangan perawat tersebut, membuat kita semua bersemangat dan bertanya-tanya bagaimana dia membuatnya terlihat sangat mudah.

Yang lebih menakjubkan lagi, bayi itu tidak menangis, merengek atau menendang-nendang, yang membuktikan bahwa bayi itu sangat nyaman dengan cara perawat itu menanganinya.

Pusat perawatan bayi ini terletak di Hanoi, Vietnam telah menyediakan layanan khusus untuk orangtua baru yang membutuhkan perawatan bayi. Dalam memandikan bayi, tidak hanya melibatkan barang-barang mandi seperti sabun dan handuk tetapi juga pijatan agar bayi merasa tenang dan nyaman saat dimandikan.

Menurut para ahli, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui saat memandikan bayi:

Urutan mandi dari atas ke bawah dan Anda harus mengenakan bayi dengan alat pelindung telinga untuk mencegah masuknya air.

Bungkus bayi dengan handuk mandi, cuci muka dan kepala sebelum meletakkan bayi di bak ember.

Tempatkan alas di dasar bak untuk menghindari kejadian tergelincir yang dapat menyebabkan bayi cidera.

Saat mencuci muka bayi, jangan menyiram wajah bayi dengan air. Sebaliknya, gunakan handuk basah dan bersihkan wajah, mata, mulut, dan hidung bayi dengan lembut.

Pastikan air berada pada suhu yang tepat. Tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Pastikan Anda tidak memandikan bayi lebih dari 10 menit.

Jangan berikan susu bayi 30 menit sebelum mandi untuk menghindari muntah. Beri susu bayi setelah Anda memandikannya karena akan membuat bayi tidur lebih nyenyak. (rpg)

Share

Featured Video