Erabaru.net. Kita biasa mendengar manusia memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, atau memelihara hewan eksotis seperti burung beo, atau iguana. Tetapi jarang mendengar seseorang memiliki hewan peliharaan besar seperti beruang.

Pasangan dari Rusia, Svetlana dan Yuriy Panteleenko ini memelihara seekor beruang bernama Stepan, berusia 25 tahun, dan menganggap Stepan seperti anak mereka sendiri yang telah dia rawat sejak dia berusia 3 bulan.

Sekarang Stepan memiliki berat sekitar 136 kilogram dan tingginya 213 sentimeter, setara dengan bintang basket Shaquille O’Neil.

Meskipun Stepan besar dan berat, pasangan Svetlana dan Yuriy memperlakukannya seperti anjing peliharaan.

Stepan juga telah dilatih untuk bermain lempar bola

Dan akan menonton televisi dengan pasangan Panteleenko di waktu luang.

Aktivitas luar ruangan yang dicintai Stepan adalah membantu pasangan menyiram pohon bunga dan berkebun di sekitar rumah.

Stepan juga suka sarapan dengan makan semangkuk bubur seperti dalam buku cerita anak-anak Goldilocks. Tapi makanan favoritnya adalah satu kaleng susu kental manis.

Setiap hari Stepan perlu diberi makanan sekitar 25 kilogram seperti ikan, sayuran, buah-buahan dan telur bersama sekaleng susu kental manis. Satu belanjaan untuk makanan yang banyak.

Svetlana berkata, “Stepan suka duduk dan memeluk kami di sofa di ruang tamu sambil menonton televisi.”

Stepan adalah beruang yang suka bersosialisasi dan ramah dengan manusia. Stepan tidak berbahaya dan tidak pernah agresif. Meskipun kuku dan taring sangat tajam dan mengerikan, mereka tidak pernah menggaruk dan menggigit manusia.

Semua terjadi sebelum organisasi perlindungan hewan PETA didirikan, Stepan adalah seekor anak beruang yatim piatu yang terluka parah, ditemukan oleh pasangan itu lalu merawatnya hingga sembuh dan tumbuh besar. Di Rusia, memelihara beruang yang diambil dari hutan adalah kesalahan.

Seorang anggota staf Masyarakat Alam dan Keanekaragaman Hayati Jerman Stefan Michel mengatakan, “Ketika seekor beruang sudah akrab dengan manusia, upaya konservasi akan sulit dan berisiko karena beruang merasa nyaman dengan pria yang dicintainya dan ini adalah satu ancaman. ”

Mungkin Stefan Michel belum bertemu Stepan dan keluarga Panteleenko yang telah berhasil menjinakkan beruang, untuk mempelajari metode dan kiat untuk memahami perasaan beruang menjadi jinak.

Lihat betapa akrabnya si beruang Stepan dengan keluarga Panteleenko sebagai bagian dari keluarga mereka sendiri. (rpg)

Share

Featured Video