Erabaru.net. Dunia ini dihuni oleh berbagai makhluk aneh dan misterius. Makhluk dasar laut misalnya memiliki tampilan yang unik dan aneh. Namun begitu, tidak terkecuali makhluk aneh di darat seperti spesies burung bangau yang sangat aneh ini.

Burung ‘Shoebill’ adalah burung bangau dengan tampang yang agak aneh dan menakutkan. Burung bangau ini tidak terlihat imut seperti burung bangau yang biasa, karena burung bangau yang satu ini bentuknya cukup aneh yang bisa membuat orang yang melihatnya merasa gemetar dan takut. Namun, setelah mendekatinya, pandangan mata pasti tidak akan berkedip ketika menjadi terpesona oleh penampilannya yang unik.

Ada banyak orang yang tidak percaya bahwa spesies burung bagau ‘Shoebill’ benar-benar ada ketika ia melihat gerakannya yang lambat dan kadang-kadang terlihat hanya diam. Burung ‘Shoebill’ cukup besar seperti burung raksasa. Jika dilihat dari jauh, Anda akan berpikir itu adalah patung aneh dari sebuah maskot di kebun binatang, meskipun itu hewan asli.

Burung ‘Shoebill’ cukup unik karena lebih mirip hewan prasejarah yang tidak mengalami kepunahan dan hidup sampai sekarang. Selain kebun binatang, habitat burung Shoebill berada di kawasan basah di Afrika Timur seperti Uganda, Tanzania dan Rwanda.

Banyak yang setuju setelah melihat burung ‘Shoebill’ dengan mengatakan itu adalah burung paling menakutkan di Bumi.

Nama lain untuk burung bangau Shoebill adalah Balaeniceps rex, karena itu seperti versi kecil dari makhluk dinosaurus. Burung ‘Shoebill’ cukup besar dan lebih tinggi dari burung lainnya, dengan ketinggian lebih dari 150 sentimeter seperti orang dewasa normal. Tubuhnya cukup besar dan mengagumkan, dan dapat mengancam manusia. Kakinya yang besar dan panjang melebihi kaki pemain basket.

Dari jauh ia menatap dan tidak bergerak seperti patung, dengan bulu-bulunya yang keabu-abuan dan berwarna biru. Terlihat cantik dan menakutkan pada saat bersamaan.

Di Mesir kuno, burung ini dihormati dan dianggap sebagai Tuhan karena itu agak unik dengan paruh besar dan matanya menatap dengan gaya menakutkan.

Saat ini, spesies burung ‘Shoebill’ dengan perkiraan 5.000 hingga 8.000 ekor masih hidup dan berkembang biak di daerah berawa Afrika Timur.

Menurut Audubon.org, burung ‘Shoebill’ akan berdiri dan tidak bergerak seperti patung, menunggu ikan, buaya kecil, ular atau mangsa lainnya di tepi rawa selama berjam-jam. Ketika dia melihat mangsanya, dia akan melompat ke arahnya dengan membuka paruh besar dan menangkapnya. Ujung paruh burung ‘Shoebill’ dapat dengan mudah memangsa daging mangsanya.

Jelas burung bangau Shoebill adalah spesies hewan yang menakutkan dan wajar ditakuti. Burung Hippogriff dalam film Harry Potter tidak nyata tetapi burung Shoebill nyata. (rpg)

Share

Featured Video